Search

Indonesia Gelar Piala Dunia U-20, Berapa Biayanya? - detikSport

Jakarta - Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Berapa anggaran yang dibutuhkan?

Indonesia menjadi tuan rumah setelah FIFA mengumumkan dalam Council Meeting di Shanghai, China, 24 Oktober lalu. Indonesia menyingkirkan Peru dan Brasil sebagai pesaingnya.

Ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah tentu menyimpan pekerjaan rumah yang banyak. Selain kesiapan timnas, juga kelengkapan dari infrastruktur itu sendiri. Termasuk biaya yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan.

Soal itu, Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan nominal akan muncul di Instruksi Presiden yang akan dibuat.

"Pengalaman dari Asian Games kemarin itu nanti akan dibunyikan dari Intruksi Presiden. Tetapi kan tidak bisa draf Inpres Asian Games diaplikasikan di Piala Dunia, ini kan beda, FIFA. Tetapi minimal kami sudah tahu alurnya seperti apa," kata Gatot di Kantor Kemenpora, Senayan, Selasa (29/10/2019).

"Yang jelas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertanggung jawab tentang apa, mungkin renovasi, nanti PUPR akan berkomuniaksi dengan PSSI, kira-kira stadion A dibutuhkan apa yang direnovasi. Jadi bunyi rupiah, akan muncul di awal tahun depan," sambungnya.

Meski begitu, pemerintah lega lantaran Indonesia tak perlu mengeluarkan anggaran sebagai uang jaminan tuan rumah seperti ketika Jakarta dan Palembang menjadi host Asian Games 2018.

"Jadi commitmen fee itu tidak ada. Tetapi paling tidak kami bisa konsentrasi ke biaya penyelenggaran yang lain dan itu hal yang bagus karena bisa meringankan beban pemerintah," ujarnya.

PSSI diharapkan tak menggantungkan anggarannya kepada APBN saj. PSSI diminta bergerak mencari sponsorship untuk menyokong turnamen itu.

Begitu pula dengan penyelenggaraan. Meski PSSI tak menjelaskan secara detail nominal anggaran yang dibutuhkan, namun saat bidding mereka sudah memberikan prediksi anggaran yang dibutuhkan kepada FIFA.

"(Itu masih prediksi) Artinya FIFA akan datang untuk memastikan itu secara detail. Tentunya, setelah PSSI dan pemerintah dapatkan satu rancangan anggaran yang matang dan konferehensif," kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, dalam kesempatan yang sama.

Simak Video "Duh! Indonesia Didenda Rp 643 Juta Akibat Rusuh Lawan Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/mrp)

Let's block ads! (Why?)



Olahraga - Terkini - Google Berita
October 29, 2019 at 06:29PM
https://ift.tt/2JxO3iy

Indonesia Gelar Piala Dunia U-20, Berapa Biayanya? - detikSport
Olahraga - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2UxZr29

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Gelar Piala Dunia U-20, Berapa Biayanya? - detikSport"

Post a Comment

Powered by Blogger.