Search

Ketika Lionel Messi Jadi Che Guevara-nya Barcelona - detikSport

Barcelona -

Majalah Prancis L'Equipe menyamakan Lionel Messi dengan tokoh komunis dunia, Che Guevara. Hal ini terkait kritik La Pulga kepada Barcelona soal pemotongan gaji.

Foto wajah Messi terpampang di sampul depan majalah L'Equipe terbitan Selasa (31/3/2020). Pada gambar tersebut, terlihat muka bintang 32 tahun itu ditempel ke foto ikonik Che yang dipotret fotografer Alberto Korda pada tahun 1960, dengan latar belakang merah-biru khas Blaugrana.

Che merupakan gerilyawan komunis asal Argentina yang kerap menjadi simbol perlawanan bagi kaum tertindas. Ia bersama Fidel Castro berhasil membawa Kuba menjadi negara sosialis, usai mengganyang junta militer yang berkuasa di sana pada 1959.

"Lionel Messi, Che-nya Barca," begitu judul tulisan yang ditulis L'Equipe.

Rupanya, pemasangan sampul tersebut berkaitan dengan aksi Messi yang mengkritik dewan direksi Barcelona terkait pemotongan gaji para pemain. Kapten Los Cules itu tak terima dengan perlakuan manajemen klub yang menekan rekan setimnya agar menyetujui kebijakan tersebut.

Padahal, Messi dan skuat Barcelona tidak keberatan dengan adanya pemotongan gaji di tengah ancaman virus corona yang melanda. Seluruh pemain juara bertahan LaLiga itu akhirnya dipotong hingga 70%.

Messi juga dianggap seperti Che lantaran ia ingin memastikan para pekerja klub tetap mendapat gaji penuh di tengah masa sulit seperti saat ini. Berpihak kepada kelas pekerja memang menjadi jalan hidup Che selama perjuangan revolusionernya di Kuba, hingga El Commandante merenggang nyawa di tangan militer Bolivia tahun 1967.

Persamaan keduanya pun tak hanya berhenti sampai di situ. Messi dan Che rupanya memiliki kampung halaman yang sama, yakni sama-sama dilahirkan di Rosario, Argentina.

Simak Video " Saat Messi Terpeleset dan Jatuh Digocek Ospina"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)

Let's block ads! (Why?)



Olahraga - Terbaru - Google Berita
March 31, 2020 at 09:10PM
https://ift.tt/2R1vGGz

Ketika Lionel Messi Jadi Che Guevara-nya Barcelona - detikSport
Olahraga - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2UxZr29

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ketika Lionel Messi Jadi Che Guevara-nya Barcelona - detikSport"

Post a Comment

Powered by Blogger.