Search

Suporter Timnas Desak Malaysia Hukum Berat Pelaku Penusukan - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) mendesak agar para pelaku pengeroyokan dan penusukan terhadap suporter Timnas Indonesia di Malaysia.

Sebelumnya terjadi insiden pengeroyokan termasuk penusukan di Bukit Bintang pada Senin (18/11) sebelum laga Malaysia vs Indonesia pada kualifikasi Piala Dunia 2019, di Stadion Bukit Jalil, Selasa (19/11).

"PSTI mendesak pemerintah Indonesia dan PSSI untuk bekerjasama dengan pemerintahan Malaysia melakukan investigasi insiden kisruh suporter di Malaysia dan menghukum seberat-beratnya siapapun yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut," demikian pernyataan Ketua Umum PSTI, Ignatius Indro.

Indro menilai kekisruhan hingga terjadi tindak pengeroyokan sejumlah warga Malaysia terhadap suporter Timnas Indonesia sangat memprihatinkan.

Timnas Indonesia saat dikalahkan Malaysia 0-2 di Kuala Lumpur. (Timnas Indonesia saat dikalahkan Malaysia 0-2 di Kuala Lumpur. (AP Photo/Vincent Thian)
"Kita ingat kejadian [kerusuhan] ketika kedua tim [Indonesia dan Malaysia] bertanding di Jakarta, di mana kejadian seperti itu terjadi."

"Hal ini menunjukkan bahwa rivalitas dalam sepak bola masih berada di atas kemanusiaan. Ini harus kita ubah secepatnya dan tidak bisa kita biarkan berlarut-larut," kata Indro.

Dia menilai sejauh ini suporter hanya dijadikan sapi perahan sebagai obyek bagi pemangku kebijakan persepakbolaan tanah air tanpa ada upaya serius edukasi dan jaminan keamanan.

Untuk itu, PSTI juga meminta seluruh pemangku kepentingan seperti Kemenpora, DPR, dan PSSI membuat payung hukum untuk suporter.

[Gambas:Video CNN]
"Salah satu urgensinya adalah memaksa seluruh stake holder sepak bola Indonesia untuk melakukan edukasi terhadap suporter hingga ke akar rumput."

"Kami mengajak seluruh stake holder sepak bola Indonesia bergandengan tangan memajukan sepak bola Indonesia," terangnya.

Suporter Timnas Desak Malaysia Hukum Berat Pelaku Penusukan
Sebelumnya netizen mengamuk dan meramaikan media sosial dengan tanda #GanyangMalaysia mengutuk aksi kekerasan di Malaysia. (bac)

Let's block ads! (Why?)



Olahraga - Terkini - Google Berita
November 22, 2019 at 09:17AM
https://ift.tt/2XCWQFG

Suporter Timnas Desak Malaysia Hukum Berat Pelaku Penusukan - CNN Indonesia
Olahraga - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2UxZr29

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suporter Timnas Desak Malaysia Hukum Berat Pelaku Penusukan - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.