Search

Shin Tae Yong Pelatih Asing Asia Kedua di Timnas Indonesia - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Shin Tae Yong menjadi pelatih asing asal Asia kedua di Timnas Indonesia setelah Choo Seng Quee pada tahun 1950-an.

Timnas Indonesia selama ini lebih sering dilatih pelatih lokal atau pelatih asing asal Eropa.

Kali terakhir Skuat Garuda ditangani pelatih asing Asia adalah pada 1950-an. Ketika itu Choo menjadi pelatih Timnas Indonesia yang berlaga di Asian Games pertama pada 1951.

Sosok asal Singapura itu mengarahkan pemain-pemain legendaris Indonesia seperti Maulwi Saelan dan Tan Liong Houw.

Tae Yong Pelatih Asing Asia Kedua di Timnas IndonesiaSimon McMenemy menjadi pelatih asing asal Eropa yang dipercaya menangani Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Kebersamaan pria yang akrab disapa Paman Choo itu bersama Timnas Indonesia berlangsung hingga 1953. Setelah menjadi pelatih Timnas Indonesia, Choo sempat menangani timnas Malaysia dan Singapura.

Setelah era kepelatihan Choo, PSSI mempercayakan Tim Merah Putih kepada pelatih lokal seperti EA Mangindaan, Djamiaat Dalhar, Harry Tjong, Sinyo Aliandoe, hingga nama-nama macam Danurwindo, Benny Dollo, dan Nil Maizar.

[Gambas:Video CNN]
Selain juru latih lokal, PSSI kerap mendatangkan tenaga asing dari berbagai negara Eropa untuk melatih Timnas Indonesia.

Antun Pogacnik dari Yugoslavia adalah pelatih Eropa pertama yang dipekerjakan PSSI. Setelah itu ada Wiel Coerver dan Frans Van Balkom dari Belanda, Marek Janota asal Polandia, dan Bernd Fischer asal Jerman.

Salah satu nama yang masih kerap disebut dalam sejarah adalah Anatoli Polosin asal Uni Sovyet yang membawa Timnas Indonesia meraih emas SEA Games 1987 dan 1991.

Tae Yong Pelatih Asing Asia Kedua di Timnas Indonesia

Sementara Ivan Toplak, Romano Matte, Henk Wullems, Alfred Riedl, hingga Luis Milla dan Simon McMenemy gagal membawa Timnas Indonesia berjaya di berbagai kancah sepak bola antarbangsa.
Tae Yong dijadwalkan akan diperkenalkan oleh PSSI pada Kamis (26/12), sebelum penandatanganan kontrak Jumat (27/12). (nva/har)

Let's block ads! (Why?)



Olahraga - Terkini - Google Berita
December 28, 2019 at 05:58PM
https://ift.tt/2Zw2wCm

Shin Tae Yong Pelatih Asing Asia Kedua di Timnas Indonesia - CNN Indonesia
Olahraga - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2UxZr29

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Shin Tae Yong Pelatih Asing Asia Kedua di Timnas Indonesia - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.