Search

Liverpool Menang, Offside Disarankan Hilang dari VAR - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan wasit Inggris, Mark Clattenburg, menyarankan offside dihapus dari penggunaan Video Assistant Referee (VAR) menyusul kontroversi yang terjadi di laga Liga Inggris Liverpool vs Wolverhampton Wanderers di Stadion Anfield, Minggu (29/12).

Penggunaan VAR di Liga Inggris menuai banyak kritikan dalam beberapa pekan terakhir. Puncaknya VAR dua kali digunakan saat Liverpool mengalahkan Wolves. Salah satu VAR digunakan untuk menganulir gol Wolves yang dicetak Pedro Neto.

Gol Neto dianulir setelah Jonny Castro dalam posisi offside sebelum mengirim umpan. Dalam tayangan ulang VAR, Castro dinyatakan offside meski hanya sebagian tangan kiri pemain asal Spanyol yang lebih maju daripada lawan.

"Saya percaya sudah saatnya menghapus offside dari keputusan VAR. Semangat dan kemeriahan pertandingan ini terancam rusak karena ketepatan teknologi VAR ketika menghadapi offside," tulis Clattenburg melalui Daily Mail.

VAR dua kali digunakan dalam laga Liverpool vs Wolverhampton.VAR dua kali digunakan dalam laga Liverpool vs Wolverhampton. (AP Photo/Jon Super)
"Kenapa tidak kembali menggunakan keputusan hakim garis untuk offside dan kita menerima keputusan mereka. Tidak perlu mengubah peraturan offside. Kita harus menerima keputusan offside dan belajar hidup dari kesalahan kecil," sambung Clattenburg.

Clattenburg menganggap aneh jika gol dianulir lewat VAR hanya karena pemain offside di bagian tangan atau ketiak. Meski begitu, wasit di final Piala Eropa 2016 itu memuji wasit Anthony Taylor yang menggunakan VAR untuk mengesahkan gol Sadio Mane.
[Gambas:Video CNN]
"Contoh bagus VAR adalah memberi Liverpool gol pembuka melawan Wolves. Wasit Anthony Taylor menebak Adam Lallana melakukan handball sebelum Sadio Mane mencetak gol. Tapi, dalam tayangan ulang terlihat jelas Lallana menggunakan dada dan keputusan benar diambil," tulis Clattenburg.

Liverpool Menang, Offside Disarankan Hilang dari VAR
Sebelumnya pelatih Liverpool Juergen Klopp mengkritik penggunaan VAR di Liga Inggris yang dianggapnya memperlambat permainan. Klopp meminta wasit untuk melihat langsung tayangan ulang VAR di layar pinggir lapangan. (har/ptr)

Let's block ads! (Why?)



Olahraga - Terkini - Google Berita
December 30, 2019 at 02:17PM
https://ift.tt/2QzbP0v

Liverpool Menang, Offside Disarankan Hilang dari VAR - CNN Indonesia
Olahraga - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2UxZr29

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Liverpool Menang, Offside Disarankan Hilang dari VAR - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.