Search

Liga Prancis Disetop, Klub-klub Merugi Rp 3,9 T - detikHealth

Paris -

Ligue 1 2019/2020 terpaksa disetop karena pandemi virus corona. Tapi konsekuensi terberatnya adalah liga kehilangan pemasukan mencapai 243 juta euro (Rp 3,9 T).

Tiga hari lalu, Asosiasi Liga Profesional Prancis (LFP) memutuskan menghentikan total kompetisi musim ini. Liga Prancis jadi kompetisi Eropa ketiga yang melakukan ini setelah Liga Belgia dan Liga Belanda.

Baru semalam LFP menobatkan Paris Saint-Germain sebagai juara diikuti Marseille sebagai runner-up dan Rennes di posisi ketiga. Selain itu, LFP juga menentukan siapa pemilik tiket lolos ke Eropa serta tim promosi-degradasi.

LFP tidak punya cara lain karena Pemerintah Prancis melarang adanya kegiatan yang melibatkan keramaian seperti olahraga hingga September. Saat kompetisi dihentikan, masih ada 10 pekan tersisa dan PSG unggul 12 angka atas Marseille di posisi kedua.

Bagi PSG, ini adalah keberhasilan menjuarai liga ketiga kalinya beruntun setelah 2018 dan 2019, sekaligus titel liga kesembilan sepanjang sejarah klub. Meski berjaya, PSG harus menerima konsekuensi dari sisi finansial.

Dikutip Sky Sports, dikarenakan Ligue 1 tidak bisa diselesaikan, para pemegang hak siar seperti BeIN Sports dan Canal Plus menolak membayarkan sisa hak sial televisi kepada Federasi Sepakbola Prancis (FFF).

Total sisa pembayaran adalah sekitar 243 juta euro atau mencapai Rp 3,9 triliun! Tentu saja uang sebanyak itu bisa digunakan PSG dan klub-klub lain sebenarnya untuk menjaga roda perekonomian di tengah pandemi virus corona saat ini.

Oleh karenanya, demi menghindari klub-klub tersebut kolaps, otoritas Ligue 1 akan mencari pinjaman sekitar 200 juta euro (Rp 3,2 T) yang akan digunakan membayar subsidi hak siar kepada 17 dari 20 klub peserta.

Simak Video "Erling Haaland Bungkam PSG 2-1"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)

Let's block ads! (Why?)



Olahraga - Terbaru - Google Berita
May 01, 2020 at 10:30AM
https://ift.tt/3f7IqpE

Liga Prancis Disetop, Klub-klub Merugi Rp 3,9 T - detikHealth
Olahraga - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2UxZr29

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Liga Prancis Disetop, Klub-klub Merugi Rp 3,9 T - detikHealth"

Post a Comment

Powered by Blogger.